Senin, 21 Oktober 2013

permasalahan ekonomi,politik,sosial dan budaya




Permasalahan dalam bidang ,social , ekonomi dan budaya
1.       Masalah pengangguran dan kesempatan kerja
Masalah pengangguran timbul karena terjadinya ketimpangan antara jumlah angkatan kerja dan kesempatan kerja yang tersedia.
2.       Kemiskinan
Pada akhir tahun 2000, jumlah pendudk miskin turun sedikit menjadi lebih besar 37,3 juta jiwa, atau sekitar 19% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Dari segi distribusi pendapatan nasional , penduduk Indonesia berada dalam kemiskinan. Sebagian besar kekayaan banyak dimiliki kelompok berpenghasilan besar atau kelompok kaya , solusi nya: penanggulangan kemiskina dapat dilakukan melalu berbagai cara, misalnya program IDT (inpres desa tertinggal),  KUK (kredit usaha kecil), KMKP (kredit modal kerja permanen), PKT (program kawasan terpadu)
GN-OTA dan program wajib belajar.
3.       Masalah keterbelakangan
Masalah yang dihadapi adalah rendahnya tingkat pendapatan dan pemerataannya, rendahnya pelayanan kesehatan, kurang terpeliharanya fasilitas umum , rendahnya tingkat disiplin masyarakat, rendahnya tingkat keterampilan,lemahnya manajemen usaha.
4.       Masalah kekurangan modal
Kekurangan modal adalah suatu ciri penting setiap Negara yang memulai proses pembangunan. Kekurangan modal disebakan tingkat pendapatan masyarakat yang rendah yang menyebakan tabungan dan tingkat pembentukan modal sedikit.
Solusi : cara peningkatannya melalui kualitas SDM atau peningkatan investasi menjadi lebih prodktif.
5.       Profit ekonomi
Ilmu ekonomi selalu membahas tentang masalah yang satu ini dimana berhubungan dengan penghasilan laba. Dimana kita harus sebisa mungkin menaikkan laba dengan modal sedikit-dikitnya.
6.       Pembangunan yang tidak efektif
Makin banyaknya bangunan yang kurang memadai yang belum tentu besar manfaatnya.
Solusi : sebaiknya dikurangi pembangunan yang mungkin tidak perlu dibangun.
7.       Perbankan dan kredit macet
Pada akhir-akhir ini banyak masalah tentang kredit perbankan dan kredit macet. Contohnya dari hutang piutang luar negeri yang menyebabkan masalah sistem perbankan. Banyak usaha macet karena meingkatnya beban hutang masyarakat dan semakin banyak kredit macet , makin banyak bank yang mengalami likuiditas,sehingga banyak bank yang bermasalah.


8.       Kesenjangan sosilal pada massyarakat
Adanya masyarakat yang mengucilkan oranglain dengan alasan-alasan tertentu ,dikucilkan dari orang-orang yang berbeda kulit,ras,budaya dll.


Sabtu, 19 Oktober 2013

PEMASARAN



Pengertian pemasaran secara umum yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa , menetapkan harga, mendistribusikan , serta mempromosikannnya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
Ø  Pemasar
Pemasar adalah organiasasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu  bagi organisasimaupun pribadi. Pemasar dapat merupakan :
1.    Produsen  : umumnya berorientasi terhadap  keuntungan nya
2.    Organisasi : belum tentu berorientasi terhadap keuntungan
3.    Pemerintah : berorientasi terhadap kesejahteraan umum
Ø  Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barng dapat bersifat konkret, tidak konkret(jasa), ata kombinasinya
Ø  Pasar
    Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan ya berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Ø  Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak lainsebagai usaha untuk pemenuhan kebutuha dan keinginan masing-masing.

Meskipun peran pemasaran sangat penting dalam kegiatan bisnis pemahaman pengertiannya tidaklah seragam karena pengaruh beberapa factor. Lingkungan , kondisi pasar sifat produk , dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama.
Konsep pemasaran sebagai berikut :
o   Konsep produksi
o   Konsep produk
o   Konsep penujalan
o   Konsep pemasaran
o   Konsep pemaasaran yang bermasyarakat
o   Konsep pasar

sumber : diktat pemasaran 

PEMASARAN



Pengertian pemasaran secara umum yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa , menetapkan harga, mendistribusikan , serta mempromosikannnya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
Ø  Pemasar
Pemasar adalah organiasasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu  bagi organisasimaupun pribadi. Pemasar dapat merupakan :
1.    Produsen  : umumnya berorientasi terhadap  keuntungan nya
2.    Organisasi : belum tentu berorientasi terhadap keuntungan
3.    Pemerintah : berorientasi terhadap kesejahteraan umum
Ø  Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barng dapat bersifat konkret, tidak konkret(jasa), ata kombinasinya
Ø  Pasar
    Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan ya berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Ø  Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak lainsebagai usaha untuk pemenuhan kebutuha dan keinginan masing-masing.

Meskipun peran pemasaran sangat penting dalam kegiatan bisnis pemahaman pengertiannya tidaklah seragam karena pengaruh beberapa factor. Lingkungan , kondisi pasar sifat produk , dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama.
Konsep pemasaran sebagai berikut :
o   Konsep produksi
o   Konsep produk
o   Konsep penujalan
o   Konsep pemasaran
o   Konsep pemaasaran yang bermasyarakat
o   Konsep pasar

sumber : diktat pemasaran 

PEMASARAN



Pengertian pemasaran secara umum yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa , menetapkan harga, mendistribusikan , serta mempromosikannnya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
Ø  Pemasar
Pemasar adalah organiasasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu  bagi organisasimaupun pribadi. Pemasar dapat merupakan :
1.    Produsen  : umumnya berorientasi terhadap  keuntungan nya
2.    Organisasi : belum tentu berorientasi terhadap keuntungan
3.    Pemerintah : berorientasi terhadap kesejahteraan umum
Ø  Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barng dapat bersifat konkret, tidak konkret(jasa), ata kombinasinya
Ø  Pasar
    Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan ya berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Ø  Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak lainsebagai usaha untuk pemenuhan kebutuha dan keinginan masing-masing.

Meskipun peran pemasaran sangat penting dalam kegiatan bisnis pemahaman pengertiannya tidaklah seragam karena pengaruh beberapa factor. Lingkungan , kondisi pasar sifat produk , dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama.
Konsep pemasaran sebagai berikut :
o   Konsep produksi
o   Konsep produk
o   Konsep penujalan
o   Konsep pemasaran
o   Konsep pemaasaran yang bermasyarakat
o   Konsep pasar

sumber : diktat pemasaran