Pengertian
pemasaran secara umum yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit
atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa ,
menetapkan harga, mendistribusikan , serta mempromosikannnya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur-unsur
pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
Ø
Pemasar
Pemasar adalah organiasasi
perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasimaupun pribadi. Pemasar dapat
merupakan :
1.
Produsen
: umumnya berorientasi terhadap keuntungan nya
2.
Organisasi
: belum tentu berorientasi terhadap keuntungan
3.
Pemerintah
: berorientasi terhadap kesejahteraan umum
Ø
Barang
dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang
ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barng dapat
bersifat konkret, tidak konkret(jasa), ata kombinasinya
Ø
Pasar
Pasar
adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan
keinginan ya berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Ø
Proses
pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan
dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak lainsebagai usaha
untuk pemenuhan kebutuha dan keinginan masing-masing.
Meskipun peran pemasaran
sangat penting dalam kegiatan bisnis pemahaman pengertiannya tidaklah seragam
karena pengaruh beberapa factor. Lingkungan , kondisi pasar sifat produk , dan
terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran
tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut
oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama.
Konsep pemasaran sebagai
berikut :
o
Konsep
produksi
o
Konsep
produk
o
Konsep
penujalan
o
Konsep
pemasaran
o
Konsep
pemaasaran yang bermasyarakat
o
Konsep
pasar
sumber : diktat pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar