Sabtu, 03 Maret 2012

REMAJA DAN PROBLEMATIKANYA (tugas karya ilmiah ekonomi pembangunan)

REMAJA DAN PROBLEMATIKNYA


Masa remaja adalah masa transisi,yaitu dari perkembangan antar anak-anak menuju hingga dia menjadi manusia yang dewasa. Pada saat seseorang menjadi dewasa,dia akan mengalami perubahan-perubahan dalam hidup-nya. Selain itu pada saat dia tumbuh menjadi remaja yang dewasa,ada hal-hal baru yang akan dia rasakan pada saat itu. Perubahan pada hal-hal yang menarik bagi dirinya dalam hubungannya dengan orang lain. Perubahan remaja juga terjadi dalam berinteraksi dengan orang lain. Mereka tidak lagi hanya berinteraksi dengan jenis kelamin yang sama saja,tetapi juga dengan lawan jenisnya,bahkan dengan orang dewasa.
Perubahan emosi pada saat masa remaja juga sangat besar, yaitu perubahan dari emosi pada saat dia anak-anak menjadi remaja. Dengan sendiri-nya perubahan emosi ini juga dipengaruhi oleh adanya pengetahuan dan wawasan baru yang mereka terima, sehingga kadang muncul pertentangan dalam masa remaja. Dalam mengekspresikan emosi bagi seorang remaja,dia mempunyai berbagai cara untuk mengendalikannya.
Menurut Havighurst (dari buku yang saya baca tentang remaja), tugas perkembangan remaja antara lain:
•    Mencapai kepastian akan kebebasan dan kemapuandan kemapuan beridiri sendiri
•    Memilih dan mempersiapkan lapangan pekerjaan
•    Mempersiapakan diri dalam pembentukan keluarga
•    Memeperluas hubungan anatara pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa dengan kawan sebaya, baik laki-laki maupun perempuan.
•    Memperoleh kebebasan emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya
•    Membentuk sistem nilai,moralitas dan falsafah hidup
•    Memeperoleh perenan sosial
•    Menerima kebutuhannya dan menggunakannya dengan efektif
Sumber: buku penuntun belajar dan kreatif

Selain itu problematika lainnya yaitu kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh remaja cenderung ke yang lebih fatal,seperti memakai narkoba,free seks,ataupun kenakalan-kenakalan lainnya yang dapat merugikan diri mereka sendiri. Mereka seperti itu karena tidak dapat memilih mana pergaulan yang baik dan buruk bagi mereka dimasa yang akan datang.

Jika kita bertanya pada orang dewasa, masa remaja merupakan waktu yang paling berkesan dalam hidup mereka. Kenangan saat remaja tidaklah mudah untuk dilupakan bagi mereka. Banyak remaja yang beranggapan bahwa dirinya memerlukan kebebasan sebagaimana orang dewasa lainnya. Mereka membutuhkan kebebasan untuk mencari jati diri mereka.

    Selain itu remaja juga lebih sering mengalami depresi pada diri-nya, mereka mearsakan depresi itu karena banyak mengalami peristiwa yang penuh dengan rasa stres, banyak masalah yang terjadi dan bisa makin serius hingga membuat remaja tersebut menjadi depresi.
    Pantauan orangtua terhadap anak-anaknya yang tumbuh menjadi dewasa sangatlah penting. Jika dia tidak di perhatikan maka remaja tersebut akan menjadi remaja yang nakal dan pergaulannya menjadi kurang baik seperti pada gambar berikut ini

 


Dari gambar diatas dapat kita simpulkan kurangnya pengawasan dari orangtua sehingga membuat tersebut menjadi remaja yang nakal.
    Jadi dapat kita simpulkan masa pertumbuhan remaja,jarang yang berlangsung dengan lancar dan baik. Remaja yang mengalami akan selalu menyalahkan dirinya sendiri sehingga timbul rasa enggan untuk meminta pertolongan kepada oranglain.
Saran saya untuk para remaja yang sedang mengalami pertumbuhan,jaga selalu emosi kita dan tetap jalani setiap masalah-masalah yang akan kita hadapi.
www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar