·
Sumber Daya Ekonomi
Sumber daya ekonomi adalah alat yang digunakan untuk
memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya berupa barang atau jasa. Sumber daya
ekonomi dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
1. Sumber Daya Alam
Merupakan segala sesuatu yang disediakan oleh alam. Contoh:
air, tanah
2. Sumber Daya Manusia
Merupakan segala kegiatan manusia baik fisik maupun rohani
yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi. Contoh: Dokter, Direktu
3. Sumber Daya Kewirausahan
Merupakan semangat, sikap, dan perilaku seseorang dalam
menangani usaha atau kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan keuntungan.
Contoh: Usaha roti
4. Sumber Daya Modal
Merupakan sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa
uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi. Contoh:
Bahan baku, mixer, dll
Konsumen memiliki 3 sumber daya utama dalam proses
pertukaran yang mereka gunakan dan melalui proses ini pemasar memberikan barang
dan jasa, yaitu:
1. Sumber Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi
ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu
sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural
resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat
memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar
pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara
struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.
2. Sumber Daya Temproral / sementara
^ Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami
perilaku konsumen
^ Karena konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan
untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang
^ Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut
sifat waktu konsumen disebut barang waktu ( time goods)
1. Barang yang menggunakan waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam
mengkonsumsinya, contoh menonton tv
2. Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen
meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh : Fast food
3. Sumber Daya Kognitif
Merupakan kemampuan untuk merepresentasikan dunia dan
melakukan operasi logais dalam representasi konsep yang berdasar pada
kenyataan. Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia
untuk berbagai kegiatan pengolahan informasi.
- Pengetahuan
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki
konsumen mengenai berbagai macam produk serta pengetahuan lainnya yang terkait
dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu:
- Pengetahuan Produk
Merupakan kumbulan berbagai macam informasi mengenai produk.
Pengetahuan ini meliputi katagori produk, merek, terminologi produk, atribut
atau fitur produk, harga produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
a. Pengetahuan tentang
karakteristik atau atribut produk
b. Pengetahuan tentang manfaat
produk
c. Pengetahuan tentang
kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
2. Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko,
lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko
tersebut. Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah
dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di
dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
- Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
- Product Contact: Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
- Transaction
Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu
kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
3. Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk
tersebut telah digunakan atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan
manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa
menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.Produsen
berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui
cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting
bagi konsumen
Sumber : http://rizkiamaliafebriani.wordpress.com/2013/01/04/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan-terhadap-perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar