Sabtu, 28 Desember 2013

LINI DAN STAFF




            Dalam suatu organisasi pemimpinlha yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas dengan sebaik-baiknya. Dan dalam mempertanggung jawabkan bukan bearti dia sendiri yang melakukan , karena waktu, perhatian dan pengetahuan yang terbatas ,maka dapat menunjuk seseorang yang tepat untuk melaksanakannya ,ini bisa lini dan bisa juga staff atau sekelompok orang yang berupa suatu panitia.
            Staff tugasnya memberi layanan dan nasehat kepada manajer dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Staff di dalam melaksanakan fungsinya tidak secara langsung terlibat dalam kegiatan utama perusahaan atau organisasi.
            Tugas yag dilakukan lini merupakan tugas-tugas pokok dari suatu organisasi atau perusahaan. Dalam pengetatan yang harus dibuat oleh organisasi  dalam saat yang kritis ditentukan oleh pilihan terhadap departemen lini atau staff, ini tergantung dari situasi yang dihadapi.
            Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh oarng yang duduk sebagai staff yaitu dengan menganalisa melalui metode kuisioner, metode observasi, metode wawancara atau dengan menggabungkan ketiganya. Baishline mengajukan enam pokok kualifikasi yang harus dipenuhi oleh seorang staff, yaitu:
Pengetauan yang luas tempat dimana dia bekerja.
1.    Punya sifat kesetiaan , tenaga yang besar, kesehatan yang baik, inisiatif,pertimbangan yang baik dan kepandaian bergaul.
2.    Punya semangat kerja sama yang ramah.
3.    Kestabilan emosi dan tingkah laku yang sopan.
4.    Keserdehanaan.
5.    Kemauan baik dan optimis.

Kualifikasi utama yaitu memiliki keahlian pada bidangnya dan punya loyalitas yang tinggi. Konsekuensi organisasi yang menggunakan staff yaitu menambah biaya administrasi, struktur organisasi menjadi kompleks dan kekuasaan, tanggung jawab serta akuntabilitas.

JENIS-JENIS STAFF
            Menurut bidang yang dilayani staff dibagi menurut fungsi-fungsi yang ada diperusahaan, seperti staff personalia , staff pengembangan , staff perencanaan , staff pemasaran , dan lai sebagainya.
            Menurut banyaknya pemimpin yang dilayani dibedakan menjadi :
1.    Staff khusus ( specialist staff), memberikan saran , konsultasi serta bantuan dan melayani seluruh lini da unsur organisasi.
2.    Staf pribadi (personal staff), memberikan saran , bantuan dan jasa kepada manajer. Staf ini sering disebut asisten yang mempunyai tugas bermacam-macam untuk satu alasan yang biasanya bersifat generalis

WEWENANG LINI DAN STAFF
Wewenang lini ( Line Authority )
      Yaitu atasan langsung memberi wewenang kepada bawahannya , wujudnya dalam wewenang perintah dan tercermin seagai rantai perintah yang diturunkan kebawah melalui tingkatan organisasi.
Wewenang staff ( Staff Authority )
      Yaitu hak para staff atau spesialis untuk menyarankan , memberi rekomendasi atau konsultassi pada personalia lini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar