Sabtu, 19 Oktober 2013

PEMASARAN



Pengertian pemasaran secara umum yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa , menetapkan harga, mendistribusikan , serta mempromosikannnya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
Ø  Pemasar
Pemasar adalah organiasasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu  bagi organisasimaupun pribadi. Pemasar dapat merupakan :
1.    Produsen  : umumnya berorientasi terhadap  keuntungan nya
2.    Organisasi : belum tentu berorientasi terhadap keuntungan
3.    Pemerintah : berorientasi terhadap kesejahteraan umum
Ø  Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barng dapat bersifat konkret, tidak konkret(jasa), ata kombinasinya
Ø  Pasar
    Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan ya berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Ø  Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak lainsebagai usaha untuk pemenuhan kebutuha dan keinginan masing-masing.

Meskipun peran pemasaran sangat penting dalam kegiatan bisnis pemahaman pengertiannya tidaklah seragam karena pengaruh beberapa factor. Lingkungan , kondisi pasar sifat produk , dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama.
Konsep pemasaran sebagai berikut :
o   Konsep produksi
o   Konsep produk
o   Konsep penujalan
o   Konsep pemasaran
o   Konsep pemaasaran yang bermasyarakat
o   Konsep pasar

sumber : diktat pemasaran 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar