Sabtu, 19 Oktober 2013

INVESTASI



Investasi  yaitu mengeluarkan saat ini untuk megharapkan keuntungan dimasa yang akan datang. Alasan orang melakukan investasi:
·         Produktivitas seseorang yang terus menerus mengalami penurunan
·         Tidak menentu nya perekonomian
·         Kebutuhan-kebutuhan yang cenderung meningkat

Jenis investasi ada 2,yaitu:
ü  Investasi Riil ,investasi riil contohnya seperti emas,tanah,barang koleksi
ü  Investasi Financial, contohnya seperti saham,deposito, dan obligasi
Selain dapat menambah penghasilan seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah faktor keamanan (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia), atau ketertiban hukum.
Menurut saya investasi yang menjanjika saat ini yaitu investasi tanah,karena bila kita berinvestasi tanah,harga sebidang tanah semakin lama semakin naik.
Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan investor saat melakukan investasi diantaranya :
  1. Tidak memiliki rencana investasi yang jelas. Karena ini terkait dengan masa depan investor tersebut, maka tanpa memiliki konsep yang kuat investasinya bisa merupakan suatu kesalahan.
  2. Investor terkadang kurang sabar dan ingin segera menikmati keuntungan padahal investasi adalah suatu program jangka panjang dan kita mesti bisa menerawang jauh ke depan dan jangan mengambil langkah yang emosional dan terlalu cepat.Tetapi mesti melakukan langkah-langkah yang terukur.
  3. Investor terkadang memperoleh informasi yang terlalu berlebih sehingga mengaburkan analisis yang telah baik yang diperoleh sebelumnya.
  4. Calon investor gampang terpengaruh gimik (rencana bisnis) yang menjanjikan kaya dalam sekejap (get rich quick scam). Dan melupakan hukum ekonomi yang paling mendasar yaitu High Risk High Return (Pengembalian tinggi pasti beresiko tinggi pula). Misalnya bila uang diinvestasikan ke deposito bank maka bunga yang didapat akan lebih rendah daripada bila diinvestasikan ke suatu bisnis seperti bisnis makanan yang dapat memperloleh pengembalian 100% dari modal.

Sumber : materi Workshop
            http://beritainvestasi.wordpress.com/arti-investasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar